Operasi Penyakit Kista

Penyebab Kista

- Adanya gangguan dalam pembentukan estrogen dan dalam mekanisme umpan balik ovarium-hipotalamus.

- Kista ovarium disebabkan oleh gangguan (pembentukan) hormon pada hipotalamus, hipofisis, dan ovarium.

- Gagalnya sel telur (folikel) untuk berovulasi.

Kista berarti kantung yang berisi cairan. Kista ovarium (atau kista indung telur) berarti kantung berisi cairan, normalnya berukuran kecil, yang terletak di indung telur (ovarium).

Pengobatan Kista

- Pengobatan gejala hormon androgen yang tinggi, dengan pemberian obat pil KB (gabungan estrogen-progesteron) boleh ditambahkan obat anti androgen progesteron cyprotern asetat.

- Untuk kemandulan dan tidak terjadinya ovulasi, diberikan klomiphen sitrat. Juga bisa dilakukan pengobatan fisik pada ovarium, misalnya melakukan diatermi dengan sinar laser.

Yang khas pada kista ovarium adalah bahwa kista akan hilang sendiri dalam waktu 60 hari meski tidak diobati.

- Pil KB bisa mengurangi ukuran besar kista

- Pengobatan operasi untuk melakukan sayatan ovarium pada daerah polikistik. Cara ini beresiko terjadi pelekatan atau bisa memperbesar kemungkinan terjadi kemandulan (infertilitas).

- Pengobatan dengan operasi. Cara ini perlu mempertimbangkan umur penderita, gejala, dan ukuran besar kista. Pada kista fungsional dan perempuan yang bersangkutan masih menstruasi, biasanya tidak dilakukan pengobatan dengan operasi. Tetapi bila pada hasil sonogram, gambaran kista bukan kista fungsional dan kista berukuran besar, biasanya dokter menganjurkan untuk mengangkat kista dengan operasi. Begitu pula bila wanita sudah menopause dan dokter menemukan adanya kista, sering kali dokter yang bersangkutan mengangkat kista tersebut dengan jalan operasi, meskipun kejadian kanker ovarium jarang ditemukan. Akan tetapi apabila pada wanita tersebut berusia 50-70 tahun, maka resiko tinggi terjadi kanker.

Prinsip Pengobatan Kista Dengan Operasi

- Apabila kista nya kecil dan pemeriksaan sonogram tidak terlihat tanda-tanda proses keganasan, biasanya dokter melakukan operasi dengan laparoskopi. Dengan cara ini, alat laparoskopi dimasukkan ke dalam rongga panggul dengan melakukan sayatan kecil pada dinding perut, yaitu sayatan searah dengan garis rambut kemaluan.

- Apabila kista nya agak besar, biasanya pengangkatan kista dilakukan dengan laparotomi. Teknik ini dilakukan dengan pembiusan total. Dengan cara laparotomi, kista bisa diperiksa apakah sudah mengalami proses keganasan (kanker) atau tidak. Bila sudah dalam proses keganasan, operasi dilakukan bersamaan dengan mengangkat ovarium dan saluran tuba, jaringan lemak sekitar serta kelenjar limpe


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengobati Kista and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>